Selasa, 30 Oktober 2012

Bedah Web

E-HEALT


Pada enrtian kali ini saya akan sedikit memaparkan atau menjelaskan apa itu e-healt ,pengertian e-healt contoh web e-healt dan contoh produk dari pada e-healt itu sendiri ..

lebih singkatnya eHealth merupakan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan. eHealth memiliki arti yang luas bukan hanya sekedar internet atau dotcom saja.

eHealth merupakan solusi Enterprise di bidang kesehatan karena melibatkan banyak pihak mulai dari
masyarakat sampai dengan Produsen Obat/Farmasi. Electronic Medical Records (EMR) merupakan bagian
fundamental dari eHealth. EMR memberikan fasilitas sharing data medical record antar institusi kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, dll).

Selain EMR, bagian terpenting lainnya dari eHealth  adalah Telemedicine. Telemedicine dapat digambarkan
sebagai "akses cepat untuk memberikan keahlian medis secara remote dengan memanfaatkan ICT, tidak tergantung dimana pasien itu berada atau informasi itu diletakkan”. Dalam keadaan gawat darurat,
ketersediaan telemedicine dapat menjadi sangat penting karena dapat menigkatkan tindakan medis kepada pasien.

Adapun latar belakang adanya ehealt  karena  status kesehatan Indonesians belum terpengaruh secara drastis dalam jangka pendek, krisis yang ekonomi telah berkepanjangan membuat perkembangan sistem kesehatan semakin lambat. Namun demikian, walau sudah dicapai banyak kemajuan, tetapi bila dibandingkan beberapa negara tetangga keadaan kesehatan masyarakat Indonesia masih tertinggal jauh. Berikut ini beberapa hal untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat :


• Kebijakan Pembangunan Kesehatan Menuju Indonesia Sehat 2010, sesuai dengan Keputusan Menteri   Kesehatan Republik Indonesia No. 574/Menkes/SK/IV/2000.

• Kemunculan dan pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi, menyentuh banyak lapisan hidup. Ini dicerminkan di dalam  Millennium Development Goals(MDG), terutama pada target 18: “In cooperation with the private sector, make available the benefits of new technologies, especially information and communications”.

• eHealth for All pada tahun 2012 (3rd eHealth European Ministerial Conference, Tromsoe, Norway), merupakan target dari bagi WHO.

• WHO sudah bertahun-tahun mengerjakan aktivitas dengan menggunakan teknologi informasi untuk pelayanan kesehatan dan tujuan medis. Sebagai contoh, konfrensi internasional yang diadakan oleh WHO
(Desember 1997) memberikan masukan tentang “  Telematics” yang dimasukkan pada kebijakan WHO.

• Negara Anggota WHO sedang menyusun strategi untuk mengembangkan eHealth, dan organisasi lain sudah mempersiapkan strategi untuk teknologi komunikasi dan informasi. eHealth adalah salah satu topik
yang dibahas pada  Pertemuan Puncak Dunia Masyarakat Informasi (Geneva, Desember 2003).

 Manfaat dan Tujuan 

Manfaat dan tujuan dari makalah ini adalah :
• Dengan eHealth, masyarakat mendapatkan manfaat dari pendidikan kesehatan untuk
mencegah penyakit.

contoh web e-healt http://www.hewedi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar