Selasa, 30 Oktober 2012

1. Pemanfaatan simulasi

lebih singkatnya Simulasi adalah suatu program computer. Secara mendasar merupakan suatu proses eksperimen yang memerlukan perancangan yang hati-hati. Simulasi juga merupakan model dari suatu sistem dengan software memodelkan sistem. Simulasi melibatkan bentuk-bentuk fungsi matematika dan logika tertentu untuk menjelaskan tingkah laku dan struktur suatu sistem.


Pemanfaatan simulasi
Simulasi biasa digunakan untuk mempelajari sistem yang kompleks sehingga dengan adanya simulasi kita bisa mengetahui secara detail kerja dari sistem yang kompleks tersebut. Simulasi juga digunakan untuk mempelajari akibat dari perubahan-perubahan sistem yang ada. Maksudnya, dengan melakukan simulasi kita dapat mengetahui kelemahan dari sistem yang ada sebelum sistem tersebut dibangun.
adapun kelebihan dan kekurtangan dari simulasi tersebut adalah :

Keuntungan:
1. Simulasi memungkinkan fleksibilitas yang besar dalam pemodelan system yang kompleks, jadi model simulasi memiliki tingkat kebenaran yang besar
2.   Mudah untuk membandingkan alternative jawaban
3.   Dapat mengontrol kondisi-kondisi eksperimental/percobaan
4.   Dapat mengetahui seluk-beluk sistem secara keseluruhan

Kerugian:
1.   Modal simulasi sangat mahal untuk pembangunannya
2. Simulasi biasanya memproduksi volume yang besar dari keluaran serta memerlukan analisis statistic yang rumit

Sistem model simulasi dimanfaatkan untuk mempelajari suatu kelemahan sistem, batas kemampuan suatu sistem, dan bahaya yang ditimbulkan sebelum sistem tersebut dijalankan secara utuh. Model simulasi juga dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan terhadap suatu sistem, karena model simulasi tersebut mempunyai nilai kebenaran yang cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar